Hal yang harus diperhatikan untuk Daging Wagyu

olahan daging wagyu

Untuk resep pengolahan daging sapi wagyu adalah jenis makanan yang sangat populer. Meski demikian, terkadang orang Jepang sendiri kesulitan menjelaskan seperti apakah wagyu sebenarnya.

Daging sapi wagyu adalah sebutan untuk daging dari jenis sapi yang dibiakkan dan diternakkan di Jepang. Tidak peduli di mana pun sapi itu dilahirkan dan dibesarkan, selama masih merupakan keturunan sapi Jepang asli, semua tetap disebut sebagai daging wagyu.

Berkenalan dengan daging wagyu

Pernah bertanya-tanya apakah arti dari kata wagyu? Artinya sangatlah simpel – “sapi Jepang”. Karena Jepang sempat terisolasi selama ratusan tahun di masa lalu, maka jenis-jenis sapi yang dimiliki negeri ini masih otentik. Meskipun di kemudian hari, perkawinan silang mulai dilakukan demi mendapatkan kualitas daging yang lebih diinginkan para produsennya.

Baca Juga : Mengolah Saikoro Wagyu Tanpa Gagal

Secara teknis, hanya ada empat spesies sapi yang layak disebut sebagai wagyu: Japanese Black, Japanese Polled, Japanese Brown, dan Japanese Shorthorn. Inilah mengapa ada istilah, “Semua sapi Kobe adalah wagyu, namun tidak semua wagyu adalah sapi Kobe”. Ini dikarenakan sapi Kobe berjenis Japanese Black.

Produksi daging sapi berkualitas ini sangat diregulasi dan memerlukan banyak tes. Hanya gen terbaik yang diteruskan untuk berkembang biak. Di kemudian hari, pemerintah Jepang sempat melarang ekspor daging wagyu karena menganggapnya sebagai harta negara. Hanya saja pada tahun 1976, empat sapi sempat diekspor ke Amerika Serikat dan dimulailah masa pengembangbiakannya di luar Jepang hingga mencapai Australia dan berbagai negara lainnnya di dunia.

Ciri – ciri daging Wagyu

Titik-titik Putih – Dagingnya dipenuhi dengan titik-titik putih yang menyebar ke seluruh permukaan. Titik tersebut merupakan lemak yang bakal mengeluarkan rasa gurih saat dimasak. Kedua, selalu beli daging dari penjual yang punya reputasi baik.

Baca Juga : Cara Membuat Steak Ala Rumahan

Beberapa penjual bahkan memasang sertifikat khusus yang menandakan kalau hanya menjual daging wagyu asli. Ketiga, tanyakan juga asal dari daging wagyu tersebut.

Daging wagyu pasti impor, sapi penghasil daging wagyu tak mungkin dikembangbiakan di Indonesia. Bukan hanya dari Jepang, wagyu juga dikembangkan di Australia, Amerika Serikat. 

Menjaga kolesterol darah agar tidak naik memang perlu lebih disiplin dalam menjaga pola makan dan kebiasaan hidup sehat. Saat makan daging, selain memperhatikan proses pengolahannya, batasi juga konsumsinya dengan tidak sampai berlebihan, ya.

Sumber :