Fakta Tentang Beef Sirloin

Daging sirloin sebenarnya adalah bagian otot yang cukup sering digunakan sapi untuk bergerak. Sirloin biasanya diselimuti lapisan lemak dan dengan pemasakan yang tepat akan menghasilkan daging yang juicy (berair), gurih, dan empuk.

Nah, bagi penyuka steak pasti sudah tak asing lagi dengan beberapa jenis daging khusus untuk steak. Salah satu yang paling populer adalah daging sapi bagian sirloin.

Berikut fakta tentang daging sirloin :

Berasal dari daging has luar

sirloin diambil dari bagian daging hal luar. Bagi yang belum tahu, has luar adalah bagian daging yang terletak di daerah punggung dekat dengan paha belakang sapi. Daerah tersebut merupakan salah satu bagian tubuh sapi yang paling aktif bergerak.

Kandungan sirloin

Seperti jenis daging lainnya, sirloin mengandung lemak, protein dan kalori. Menyantap 8 ons daging sirloin sudah bisa memenuhi kebutuhan kalori sebesar 400, 280 kalori dari protein, dan 120 kalori dari lemaknya.

Punya lemak memanjang di salah satu sisinya

Lapisan lemak yang memanjang di salah satu daging jadi ciri-ciri mencolok daging sirloin. Lemak inilah yang membuat tekstur sirloin lebih kenyal dan tidak mudah hancur saat dipanggang.

Sirloin merupakan bagian otot dari sapi yang cukup sering digunakan untuk bergerak.

Daging ini mengandung lemak yang lebih banyak dibandingkan tenderloin. Bila dimasak dengan tepat dan baik akan menghasilkan steak yang juicy (berair), gurih, dan empuk.

Karena itu harga steak sirloin biasanya lebih murah dibandingkan dengan tenderloin.

sumber :