Metode Mengolah Daging Supaya Empuk, Perhatikan Potongannya

Daging jadi salah satu bahan santapan yang bisa diolah jadi bermacam rupa hidangan. Mulai dari hidangan berkuah, tumis, ataupun goreng. Seluruh berbagai hidangan pasti bakal menggugah selera serta nikmat buat disantap, pada saat daging yang diolah memiliki tekstur yang lembut serta empuk.

Baik daging sapi, kambing, ataupun ayam yang bisa dimasak sampai empuk, pasti bakal menambahkan kenikmatan tertentu. Menu santapan yang dimakan juga lebih gampang dikunyah di dalam mulut. Terlebih lagi bila daging yang dimasak bisa meresap bumbu hingga ke bagian dalam. Tentu semakin memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya.

Tetapi sayangnya, metode mencerna daging supaya empuk tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan sekian banyak trik tertentu buat membantu melunakkan tekstur daging disaat dimasak. Dalam perihal ini, ada sebagian metode mencerna daging supaya empuk yang butuh dicermati. Mulai dari metode memotong, temperatur kompor untuk memanaskan serta memasak daging, menumbuk ataupun memukul sebagian bagian pada daging, sampai metode mengasinkan.

Sebagian metode mencerna daging supaya empuk ini, dapat Kamu coba serta praktikkan di rumah. Spesialnya untuk beberapa hari ke depan, bila Kamu ingin mengolah daging sapi ataupun kambing hasil sembelihan kurban.

Berikut kami telah merangkum sebagian metode mencerna daging supaya empuk yang bisa kamu ikuti.

Potong Daging dengan Arah Melintang

Metode mencerna daging supaya empuk yang awal dapat diawali dari metode memotong yang benar. Sebaiknya, Kamu memotong daging dengan arah melintang, ialah melintasi ataupun memotong serat otot panjang yang ada pada daging. Memotong daging dengan metode ini, bisa memecah serat serta membuat daging jadi lebih empuk.

Saat sebelum memotongnya, perhatikan terlebih dulu arah serat yang nampak pada permukaan daging. Sehabis itu, potong dengan arah melintang ataupun tegak lurus dari serat yang terdapat. Dengan begitu, serat otot daging bisa lebih pendek serta dapat membantu daging jadi lebih empuk dikala dimasak.

Perhatikan Temperatur Panas Disaat Memasak

Metode mengolah daging supaya empuk berikutnya pula wajib memperhatikan temperatur panas kompor ataupun pemanggang yang digunakan buat memasak. Dalam perihal ini, Kamu dapat mengangkat daging dari atas tempat pemanggang pada temperatur yang pas. Namun, umumnya ini bergantung pada potongan daging yang terbuat.

Misalnya pada steak sirloin, dengan waktu memasak paling cepat hingga sedang, steak dapat segera dinaikan setelah dimasak dengan temperatur 140 derajat. Tetapi pada potongan daging yang lebih keras semacam brisket, dibutuhkan waktu yang lebih lama saat memasak. Perihal ini dicoba supaya daging betul- betul empuk sampai siap disajikan.

Perhatikan Temperatur Panas Dikala Memasak

Metode mencerna daging supaya empuk berikutnya pula wajib mencermati suhu panas kompor ataupun pemanggang yang digunakan buat memasak. Dalam perihal ini, Kamu dapat mengangkut daging dari atas tempat pemanggang pada temperatur yang tepat. Namun, umumnya ini bergantung pada potongan daging yang dibuat.

Misalnya pada steak sirloin, dengan waktu memasak sangat kilat sampai lagi, steak dapat lekas dinaikan sehabis dimasak dengan temperatur 140 derajat. Tetapi pada potongan daging yang lebih keras semacam brisket, dibutuhkan waktu yang lebih lama disaat memasak. Hal ini dicoba supaya daging benar- benar empuk hingga siap disajikan.

Masak dengan Waktu Lumayan Lama

Metode mengolah daging empuk selanjutnya ialah dengan memasak dalam waktu lumayan lama. Untuk menghasilkan olahan daging yang empuk serta lembut, pasti saja membutuhkan proses yang tidak singkat. Kamu butuh memasak potongan daging dengan waktu yang lumayan lama. Baik dimasak dengan cara direbus ataupun dipanggang.

Proses memasak dengan waktu yang lama umumnya diperlukan pada sebagian bagian daging. Semacam daging bagian bahu ataupun dada. Dengan memasak secara perlahan serta waktu yang lumayan lama bisa membantu memecah jaringan ikat pada daging lebih sempurna. Sehingga saat matang, bakal menghasilkan daging lembut serta empuk yang siap untuk dimakan.

Pukul Bagian Daging

Metode mengolah daging empuk yang dapat dicoba lainnya yaitu dengan sedikit menghancurkan bagian daging dengan membagikan sebagian pukulan. Kamu dapat mememarkan daging dengan ujung palu yang bergerigi. Ini jadi alternatif metode buat memecah serat otot panjang yang ada pada daging.

Sehingga bila Kalian membeli daging keras, dapat jadi empuk hanya dengan menumbuk serta menghancurkan daging memakai palu bergerigi. Metode ini bisa dicoba hingga menemukan ketebalan¼ inci pada daging. Apabila sudah, daging juga siap buat diolah dengan bermacam bumbu rempah serta bumbu tambahan lainnya.