Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Daging Sapi

Daging sapi cukup disukai karena memiliki nutrisi tinggi dan rasanya enak dan gurih. Orang Indonesia digunakan untuk memasak daging sapi dengan berbagai hidangan yang dapat merangsang nafsu makan. Daging sapi bergizi tinggi, bermanfaat bagi tubuh manusia dan memiliki selera yang baik, tetapi itu semua hanya diperoleh dari daging yang baik dan sehat.

Nutrisi daging sapi

Nutrisi adalah zat atau senyawa kimia yang terkandung dalam makanan yang bermanfaat bagi pertumbuhan manusia dan kesehatan. Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang bervariasi serta jumlah dan jenisnya. Bahkan sesama makanan ada angka yang berbeda, misalnya untuk daging sapi memiliki kandungan protein tertinggi dibandingkan dengan daging hewan lainnya. Menurut Kementerian Kesehatan (1981), setiap 100 gram daging sapi mengandung 207 kalori KKCL, 18,8 gram protein, 14,0 gram lemak, kalsium 11 mg, 170 mg fosfor dan zat besi 2,8 mg.

Dan beberapa manfaat mengkonsumsi daging sapi adalah:

Manfaat Daging Sapi untuk Tubuh Manusia

Setiap 100 gram daging sapi mengandung 18,8 gram protein. Protein daging sapi disebut protein hewani yang memiliki struktur asam amino yang mirip dengan manusia, tidak dapat dibuat oleh tubuh (esensial), pengaturan asam tumit relatif lebih lengkap dan seimbang.

Daya cerna protein hewani lebih baik daripada protein nabati (dari tanaman). Dalam tubuh kehidupan hidup seperti manusia, protein adalah pembangunan bagian besar tubuh, seperti: otot, kulit, rambut, jantung, paru-paru, otak, dan lainnya.

Fungsi protein penting bagi tubuh manusia, antara lain, untuk: 1) pertumbuhan; 2) memperbaiki sel-sel yang rusak, 3) sebagai bentuk kelenjar plasma, hormon dan enzin; 4) Beberapa sebagai cadangan energi, jika karbohidrat sebagai sumber energi utama tidak cukup; dan 5) menjaga keseimbangan dasar darah.

Nah itu beberapa manfaat dari mengonsumsi daging sapi. Semoga bermanfaat …?