Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Jangan Dicuci

Biarpun punyai struktur daging yang nikmat waktu dikonsumsi, sejumlah orang malas konsumsi daging kambing lantaran berbau prengusnya yang menusuk.

Pakar Technologi Pangan dan Gizi dari Unika Atma Jaya, Rianita Pramitasari STP MSc berkata, kambing memang berbau unik atau berbau prengus lantaran dalam dagingnya terdapat senyawa karbonil dan asam-asam lemak.

“(Senyawa karbonil) dan asam-asam lemak yang ringan teroksidasi sepanjang pemasakan lalu munculkan wewangian yang dipersepsikan sebagai berbau prengus,” kata Rianita dalam beberapa berita

Melenyapkan berbau daging kambing

Tetapi, Anda tidak usah panik lantaran berbau prengus daging kambing masih bisa dilenyapkan dengan pelbagai metode. Maka dari itu waktu Anda mengolah dan makannya kurang begitu memiliki bau kembali.

Berikut cara-cara yang dapat Anda melakukan bila pengin melenyapkan atau kurangi wewangian berbau prengus di daging kambing.

Pisahkan lemak daging kambing

Rianita memaparkan, asam-asam lemak yang bisa munculkan wewangian berbau prengus itu terdapat banyak di bagian lemak kambing.
Maka dari itu, untuk kurangi berbau pregus itu Anda mesti memangkas dan pisahkan sisi lemaknya sebelumnya diolah.

“Pastilah berbau prengusnya tidak bisa raib 100 prosen lantaran dalam dagingnya lantas ada susunan lemaknya,” katanya.
Ditambahi bahan lain

Tidak hanya cukup pisahkan lemak sebelumnya diolah saja, metode yang lain dapat Anda melakukan dengan menambah beberapa bahan lain untuk melenyapkan wewangian prengus daging kambing.

Beberapa bahan yang dapat dipakai untuk melenyapkan berbau prengus di antaranya dengan memulasi jeruk nipis ke daging sebelumnya diolah.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat berikan rempah-rempah yang makin banyak waktu mengolah daging.
Tidak membasuh daging

Normalnya kita akan membasuh bahan makanan sebelumnya menggarapnya. Tetapi untuk kambing, seharusnya tidak dicuci sebelumnya diolah.
.

Rebus daging kambing dengan lobak

Metode ke-4 yang bisa Anda coba untuk melenyapkan berbau daging kambing sebelumnya dimasak dengan rebus daging kambing dengan beberapa potongan lobak sesuai kebutuhan sepanjang 1/2 jam.

Lobak berkadar kolin terendah, sementara itu takaran kolin yang tinggi dapat memacu senyawa di daging untuk keluarkan berbau tidak lezat.

Maka dari itu, lobak yang berkadar kolin rendah dapat kurangi berbau tidak lezat di daging.

Baluri dengan jeruk nipis

Metode yang lain dapat Anda coba, dan barangkali kerap dijalankan untuk model daging-daging yang lain yaitu memulasi daging kambing bersama air jeruk nipis atau jeruk limau sesuai kebutuhan.

Metodenya lumayan simpel adalah cuman perlu memulasi permukaan daging kambing bersama air perasan jeruk nipis dan diambkan sepanjang 30-60 menit.

Tabur garam

Selainnya air perasan jeruk nipis atau limau, Anda pun menaburi garam di atas daging kambing untuk melenyapkan berbau daging kambing yang ada.

Metodenya, Anda dapat memulasi permukaan daging dengan garam dan biarkan sepanjang 60 menit.
Garam akan teresap dan menetralisir berbau darah kambing. Apabila sudah, Anda dapat membersihkan daging kambing bersama air dingin sebelumnya dimasak.

Marinasi dengan nanas

Metode ringan yang lain untuk melenyapkan berbau daging kambing yang selanjutnya adalah, cukup biarkan daging kambing dengan nanas.

Metodenya, parut nanas muda lalu masukan potongan daging kambing ke parutan nanas.
Selanjutnya, biarkan sepanjang 10 menit sampai 30 menit, yakini semua daging dapat terbenang.
Lebih bagus tidak boleh kelamaan dipendam, lantaran daging kambing akan remuk bila kelamaan dipendam dengan nanas.