4 Cara Mengurangi Kandungan Lemak dalam Daging

Lemak dalam daging dapat benar-benar mengusik. Selainnya dapat membuat kotor kuah hidangan, lemak dalam daging bisa juga berbahaya untuk kesehatan badan.

Tumpukan lemak dalam sebuah masakan dapat menimbun pada tubuh dan membuat tingkat cholesterol jahat membumbung tinggi.

Jadi saat mengolah daging, sebaiknya Anda berkurang atau kurangi kandungan lemaknya supaya hidangan daging dapat rendah cholesterol. Atau minimal, mempunyai angka cholesterol yang cukuplah aman untuk badan.

Nach, untuk kurangi lemak dalam daging, Anda dapat lakukan langkah-langkah berikut:

Bersihkan dan membersihkan susunan lemaknya

saat sebelum mengolah daging merah, yakinkan Anda membersihkan dari beberapa kotoran yang dapat melekat di atasnya.

Unsplash/Max Delsid Dengan memakai pisau, kerat susunan lemak yang ada di daging merah.Selanjutnya dengan memakai pisau, irislah atau kerat sisi lemak putih yang melekat di atas daging merah.

Kemudian rendam daging mentah di air hangat yang telah dikasih garam dan kunyit. Perendaman ini dapat dipakai untuk berkurang tumpukan lemak dalam daging.

Saring kaldunya

Langkah ke-2 , ialah secara langsung rebus daging dengan bumbu-bumbu rempah yang telah Anda persiapkan. Atau rebusnya tanpa bumbu rempah lebih dulu, hanya cukup dikasih garam saja.

Sesudah mendidih, saring kuah, pisah dari dagingnya. Diamkan kuah jadi dingin dan tercipta susunan lemak yang mengapung di atasnya. Lalu mengambil susunan lemak yang ada dan buang.

Anda dapat rebus kembali daging sama air bersih, atau rebusnya kembali dengan kuah yang telah bersih dari susunan lemak.

Rendam dengan es batu

Langkah ke-3 ialah memakai es batu untuk pisahkan lemak dari daging sapi atau daging kambing yang ada.

Bersihkan sampai bersih daging, pinggirkan. Selanjutnya didihkan air di panci, angkat dari api dan tambahkan daging ke dalamnya.

Yakinkan semua permukaan daging tergenang di di air. Berikan sedikit garam, diamkan temperatur turun pelan-pelan, baru buang air yang ada.

Unsplash/Victoria Shes Es batu dapat dipakai untuk memadatkan lemak dalam daging.Seterusnya, masukan es batu dan air es ke panci yang berisi daging. Biarkan sepanjang beberapa saat.

Es batu dapat membuat lemak jadi padat dan membuat susunan yang mengambang di atas. Saring atau buang lemak yang ada, dan daging siap dibuat jadi hidangan yang lebih sehat.

Pancing lemak dengan es batu

Es batu memang efisien dipakai untuk memadatkan lemak.

Jadi saat mengolah sup atau hidangan berkuah yang penuh kaldu, selalu siapkan es batu untuk ambil lemak yang ada.

Triknya gampang, celup es batu di kuah hidangan yang ada. Lemak langsung akan jadi padat dan melekat pada permukaan es batu. Anda tinggal buang es batu yang ada, dan ambil bongkahan es batu yang lain untuk dipakai memancing tersisa lemak lainnya.

Tetapi ingat, kerjakan tehnik ini saat hidangan telah mempunyai temperatur normal, alias telah turun dari api dan tidak mengepul panas.

Ke-4 langkah di atas dapat Anda pakai untuk berkurang kandungan lemak dalam sebuah hidangan berkaldu.

Dengan itu, Anda dapat nikmati daging sapi dan daging kambing lebih bebas tanpa takut akan bahaya cholesterol tinggi.