Mengenal Berbagai Bagian Daging Sapi

Mengenali Beragam Sisi Daging Sapi


Mengenali beragam sisi daging sapi penting lho untuk tentukan langkah mengolah yang perlu Anda pakai. Mengolah daging sapi sesuai karakter bagiannya akan membuat cita-rasa daging pada masakan Anda menjadi lebih empuk dan sedap.

Beberapa bagian daging apa yang ada dalam tubuh sapi?

Sengkel (Shank)

Sengkel ialah sisi depan atas dari kaki sapi. Daging sengkel pas dibuat jadi sup, bakso urat atau bermacam tipe soto.

Has Dalam (Tenderloin)

Tenderloin ialah daging dari sisi tengah tubuh sapi. Karena teksturnya yang paling halus dan empuk, tenderloin pas jadi bahan baku steak.

Has Luar (Sirloin)

Daging sirloin datang dari sisi bawah daging iga sampai sisi luar dari tenderloin. Sirloin dikenal juga sebagai sisi daging sapi yang kerap dibuat jadi steak.

Sandung Lamur (Brisket)

Sandung lamur sebagai sisi daging sapi sekitaran dada bawah sampai ketiak. Daging sandung lamur umumnya cukup berlemak dan kerap dibuat jadi beragam sajian ciri khas Padang.

Tetelan

Nama tetelan dipakai untuk menyebutkan tersisa daging yang menempel pada tulang sapi. Daging yang menempel pada tulang sapi umumnya terbagi dalam kombinasi daging, lemak dan urat. Karena kandungannya terbagi dalam lemak, tetelan kerap dipakai untuk membikin sup atau rawon. Lemak-lemak dari tetelan akan hasilkan kaldu yang menyedapkan bermacam sajian berkuah itu.

Tanjung (Rump)

Daging tanjung datang dari sekitaran punggung sapi sisi belakang dan teksturnya pas dibuat jadi sate.

Gandik (Silver Side)

Istilah gandik dipakai untuk menyebutkan sisi daging sapi di wilayah terluar paha belakang. Gandik umumnya memiliki tekstur cukup kenyal, memiliki kandungan banyak otot dan kurang lemak. Karena teksturnya yang cukup kenyal, sisi daging sapi ini umumnya dibuat jadi abon sapi atau dendeng balado.

Lamusir (Cube Roll)

Sisi daging sapi ini datang dari wilayah belakang badan sapi, di luar daging has dalam. Teksturnya cukup empuk karena memiliki kandungan butiran lemak. Dengan memiliki bentuk yang seperti dadu dan teksturnya yang empuk, lamusir kerap dibuat jadi rendang, empal dan bistik.

Selainnya beberapa bagian badan daging sapi itu, sisi yang lain seperti tulang, tulang iga dengkul, sumsum, dan lidah bisa juga dibuat jadi sajian yang sedap dan bergizi.

Jika Anda memproses daging sapi dengan mengolah yang pas, karena itu daging sapi akan berasa sedap dan jadi sumber konsumsi protein hewani yang bagus untuk badan.