Perbedaan Sirloin dan Tenderloin dari Berbagai Aspek

Agar Daging Cepat Empuk

Walau sama daging sapi tetapi tenderloin dan sirloin mempunyai perbedaaan. Apa sajakah?

Struktur, Harga dan Letak

Sirloin sendiri datang dari kata “sir” yang maknanya lelaki. Karakter alami lelaki pasti lebih keras dibanding wanita. Dan tenderloin datang dari kata “Tender” yang maknanya lunak. Sirloin atau daging ciri khas luar memang cukup lebih keras bila dibanding dengan tenderloin. Tetapi pembagian jumlah daging sirloin semakin banyak dibanding dengan tenderloin.

Dan tenderloin ataupun lebih dikenali dengan daging ciri khas dalam mempunyai struktur yang lebih lembuat karena berada di bagian badan sapi yang jarang dipakai untuk bergerak. Karenanya jugalah, kandungan lemak tenderloin jadi lebih tinggi. Pembagian dari daging tenderloin memang semakin sedikit hingga harga jadi lebih mahal.

Kandungan Nutrisi

Walau sirloin kerap dikatakan sebagai lemak yang melekat pada sejauh sisi tepi potongan daging. Bukti memperlihatkan jika ada lemak sejumlah 14,28 dalam 100 g daging sirloin. Dalam pada itu, ada lemak sejumlah 18,16 gr dalam 100 g daging tenderloin.

Dengan semakin banyak kandungan lemak ini, tenderloin akan jadi lebih nikmat karena lemaknya dipandang dapat tingkatkan cita-rasa renyah dan harum masakan yang wangi. Tapi harus dicurigai jika lemak yang terlalu berlebih bisa juga tingkatkan berat tubuh.