Ini Hal Yang Sering Terlupakan Saat Memasak Steak

Sepanjang acara berjalan, banyak yang bertanya berapakah lama seharusnya mengolah steak di atas api. Menurut dia, tidak ada dasar yang benar dalam mengolah steak, semuanya tergantung di opsi atau hoby sang penciptanya.

Lama mengolah steak tergantung di besarnya api yang dipakai, namun juga tingkat kematangan yang diingini. Bila mendambakan steak dengan kematangan sarana atau sarana rare, seharusnya persiapkan wajan atau grill yang sungguh-sungguh panas saat akan mengolahnya. Ini dilaksanakan biar saat daging sentuh permukaan wajan, sari daging dapat terkunci dalam. “Lalu, proses mengolah dapat dilanjut sepanjang 3-4 menit tiap-tiap seginya. Ini pun tergantung dari ketebalan daging yang diolah,” kata chef Buli.

Dan bila mendambakan steak dengan tingkat kematangan well done, menurut dia, api yang dipakai jangan begitu besar. Ini dilaksanakan biar permukaan luar daging tidak jadi begitu gosong.

Soal yang kerap terabaikan saat mengolah steak merupakan proses resting. Meskipun sebenarnya, menurut chef Buli, step ini merupakan step yang palinglah penting. “Saat diolah, serat-serat daging sapi akan menegang, karenanya kita penting merehatkannya kembali,” jelas Buli. Bila tidak dilaksanakan, juice daging akan keluar saat dipotong.